Hong Kong 2016: HK Disneyland 🎡🎢🎠

THIRD DAY
Kowloon Park & Hong Kong Avenue of Comic Stars

Hari ketiga adalah hari yang saya tunggu-tunggu, yaitu main sepuasnya di Disneyland. Yuhuuu! Sikasik joss!!! Tapi sebelum berangkat, saya dan Yuli menyempatkan diri main ke Kowloon Park karena kebetulan dekat dari hostel dan sekalian berangkat. Sebenarnya memang nggak ada yang dilihat dari Kowloon Park, yang ada hanyalah beberapa orang yang berolahraga. Tapi saya penasaran sama HK Avenue of Comic Stars yang berada di Kowloon Park. Itu loh, beberapa karakter komik yang dibuat patung. Dan akhirnya kami tiba di sana.

image

image

image

Sebenarnya kami mau ambil foto banyak tapi berhubung banyak penduduk yang senam apa gitu, yang ambil pernafasan pake lagu-lagu lokal, akhirnya kami memutuskan untuk cekrek-cekrek sebentar saja. Oh ya, di sebelah Avenue of Comic Stars ada taman burung yang kece banget buat jadi objek foto. Saking kecenya saya jadi membayangkan drama korea di mana aktor utama cewek dan cowoknya bertemu. Hehehe. Tapi hati-hati, namanya juga taman burung, di mana burung liar berterbangan bebas, jangan sampai keinjak kotoran burungnya ya.

image

Disneyland, the best theme park that I’ve ever visited

Setelah puas bermain di Kowloon Park, kami bergegas ke Golden Crown Guest House yang terletak di Golden Crown Court, sebelahan persis dengan Mirador Mansion. Ngapain ke sana Dik? Tak lain tak bukan adalah mau menukarkan tiket Disneyland. Jadi, satu bulan sebelumnya saya menemukan artikel jika pesan tiket Disneyland di Golden Crown Guest House itu lebih murah ketimbang beli on the spot. Apalagi jika kita booking online, ada diskon menarik lagi. Harga tiket on the spot Disneyland bisa mencapai HKD 530 tapi karena kita beli di Golden Crown Guest House, kita dapat harga sebesar HKD 490 dan karena kita booking online, didiskon HKD 5 lagi sehingga final price kita dapat sebesar HKD 485. Yesss, lumayan banget kan!!! Selain beli tiket Disneyland, kami juga beli tiket untuk Ngong Ping Cable Car. Harga yang didapat adalah sebesar HKD 135 untuk round trip. Padahal kalau beli tiket on the spot harga HKD 200 baru bisa didapat. Ini sangat menguntungkan turis-turis kere seperti kami yaa!!! Oh ya, jangan lupa print e-ticket-nya ya biar nanti ditukar dengan tiket aslinya.

image

Dari TST, kami naik MTR menuju Disneyland. Namun sebelumnya kami harus transit di Lai King untuk naik MTR jurusan Tung Chung. Setelahnya, kami transit lagi di Sunny Bay untuk naik MTR yang khusus menuju Disneyland. Dapat dipastikan dong, kereta MTR menuju Disneyland didesain khusus. Yap, setelah kereta kita tiba di Sunny Bay, kereta menuju Disneyland sudah menanti.

image

Lucu kan, jendelanya saja berbentuk kepala Mickey Mouse. Dekorasi dalamnya juga nggak kalah lucu. Pegangan tangan di dalam keretanya juga berbentuk Mickey Mouse.

image

image

image

Sesampainya di depan Disneyland, jangan melewatkan foto-foto di depan gerbangnya ya! Oh ya, saya dan Yuli membuat holiday challenge pas ke Disneyland. Selain memakai bando ala-ala Minnie Mouse, kami juga buat perjanjian mau pakai batik. Dan voila, kami memenuhi kedua challenge tersebut.

image

image

Holiday challenge DONE!!!

Btw kok pake bando sih Dik? Yes, menurut blog yang saya baca, kayaknya lebih seru pake bando ala-ala Minnie Mouse saat ke Disneyland. Kebetulan bandonya saya beli di Indonesia karena bando asli di Disneyland-nya sendiri harganya mahal. Berkisar HKD 100 ke atas sedangkan bando yang saya beli di Indonesia hanya sekitar Rp 35.000. lumayan dong buat hemat bujet. Lagipula bandonya cuma sekali dipakai jadi nggak usah cari yang mahal-mahal. Hehehe.
Sesampainya di pintu masuk, tas kami diperiksa. Takut-takut bawa makanan dari luar. Sebenarnya saya bawa kebab tapi saya sembunyikan dalam pashmina. Dan terereng, berhasil dari proses pengecekan. Lumayan boo karena makanan di Disneyland mahal-mahal. Oh ya, botol minum saya untung diperbolehkan masuk karena dengar-dengar ada isi ulang air dari keran jadi saya bawa botol minum.
Setelah pengecekan tas, kali ini cek tiket masuk. Sama seperti tiket masuk The Peak kemarin, tiket masuk Disneyland juga dibuat elektronik. Jadi tinggal tap in saja. Barulah setelah melewati pintu masuk, kami mulai foto-foto depan ikon utama, yakni Main Station Disneyland. Oh ya, jangan lupa ambil peta Disneyland dan jadwal pertunjukan di booth yang tersedia setelah pintu masuk!

image

image

image

Booth peta Disneyland

Setelah benar-benar memasuki Disneyland, kami bingung mau kemana dulu. Salahnya kami adalah nggak prepare jadwal mau kemana saja jadi semuanya serba accidental. Akhirnya untuk memulai perjalanan, kami mau naik kereta untuk mengelilingi Disneyland. Keretanya bukan kereta ala-ala kayak di-mall gitu tapi kereta yang emang jalan di jalur kereta. Dan dimulailah kami menyusuri Disneyland dengan kereta.

image

Grizzly Gulch area

image

Fantasyland area

image

Toy Story Land area

image

Tomorrowland area

Sebenarnya ada dua stasiun di mana kereta itu berhenti namun kami memutuskan untuk kembali ke Main Station. Setelah selesai berkeliling, kami disambut oleh pegawai Disneyland di pusat informasi dekat Main Station. Rupanya beliau orang Indonesia dan memberitahu saya mengenai jadwal-jadwal atraksi Disneyland dalam rangka Halloween. Setelah itu, kami disibukan dengan foto-foto di Main Street, USA karena banyak rumah lucu dan ala-ala vintage.

image

image

image

Makin ke dalam, kami makin menemukan bangunan menarik. Salah satunya istana Sleeping Beauty yang tentu saja tidak kami lewatkan sebagai objek foto.

image

Kami pun memasuki area Fantasyland. Perjalanan kami dimulai dengan memasuki ‘It’s small world’. Menurut saya sih mirip kayak Istana Boneka di Dufan. Jadi, kita naik perahu gitu buat ngelilingin istana yang isinya boneka-boneka. Tapi lumayanlah buat ngadem dikit. Secara cuaca di luar panas gila. Saya pikir Oktober di Hong Kong bakal adem ayem. Nyatanya buat wajah saya gosong.
Setelah itu kami naik atraksi Flying Elephant atau Gajah Terbang kalau di Dufannya. Dan yang nggak kalah menarik adalah saat saya nonton Mickey’s Phillar Magic. Jadi itu pertunjukan Mickey Mouse beserta Donald Duck secara 3D. Pas banget saat saya selesai main Gajah Terbang, pas saat gerbang pertunjukan 3D Mickey Mouse dibuka 10 menit lagi. Ditambah lagi, pintu keluar dari Gajah Terbang berseberangan langsung dengan pintu masuk anteran pertunjukan 3D Mickey Mouse. Langsung cuss deh!
Kami antre pas di barisan paling depan jadi mau nggak mau jiwa rebutan tempat duduknya ada. Hahaha. Oh ya, sebelum masuk, kalian akan diberi kacamata 3D, secara mau nontonnya atraksi 3D. Setelah pintu di buka, saya dan Yuli langsung mencari bangku strategis, yakni di tengah-tengah. Kayak nonton bioskop gitu deh. Pertunjukan 3D Mickey Mouse tidak hanya menyuguhkan dalam bentuk 3D penglihatan saja tetapi ada 3D perasa juga. Jadi misal saat adegan Mickey Mouse terkena angin, nanti ada efek angin yang menyembul ke tubuh kita. Lalu saat adegan Mickey Mouse kesiram air, nanti ada efek cipratan air ke tubuh kita. Tapi tenang saja, bukan air deras kok. Cuma ciprat-ciprat cantik. Hehehe. Overall pertunjukan 3D Mickey Mouse oke kok. Selain itu sebagai pelarian kalau kalian kepanasan. Secara ber-AC gitu ruangannya.
Setelah dari situ, Yuli mengajak untuk main ke wahana Winnie The Pooh. Sama seperti wahana It’s Small World, wahana The Many Adventures of Winnie The Pooh juga akan mengajak kita berkeliling dengan naik kereta. Oh ya, di sini kami menggunakan fasilitas Fast Pass. Apaan sih Fast Pass? Kalau kalian punya Fast Pass, kalian bisa masuk tanpa harus mengantre. Dengan catatan, kalian harus datang pas saat waktu yang ditentukan dalam Fast Pass tanpa harus mengantre lagi. Jadi selama dalam kurun waktu sampai waktu yang ditentukan, kalian bisa main di wahana lain lagi. Kebetulan, wahana yang memiliki fasilitas Fast Pass hanya dua, yakni The Many Adventures of Winnie The Pooh dan Hyperspace of Mountain di arena Tomorrowland. Lalu bagaimana cara mendapatkan Fast Pass? Di dekat wahana disediakan mesin untuk mendapatkannya. Hanya tinggal menggesek kartu masuk Disneyland, Fast Pass akan didapat.

image

Sembari menunggu, kami istirahat sejenak sembari foto-foto di Villains Garden.

image

Setelah waktu yang ditentukan tiba, kami langsung cuss. Benar saja, kami langsung bisa masuk tanpa harus mengantre. Yeyeye!!!
Rupanya rasa lapar tidak bisa ditahan. Kebab yang saya bawa rupanya tak mampu membendung rasa lapar. Akhirnya kami memutuskan makan di salah satu restoran di Fantasyland, yakni Royal Banquet Hall. Padahal kami berencana mau makan di Tahitian Terrace yang katanya ada sertifikat Halal-nya. Tapi rupanya tutup saat Senin. Huhu.
Selesai makan, kami bergegas ke area Adventureland. Kami mengikuti tur Jungle River Cruise. Menurut saya tur ini cukup seru. Jadi kami diajak naik kapal menyusuri sungai misterius ala-ala. Lucunya, ada banyak hewan bohong-bohongan di sepanjang tepi sungai. Serta ada suku-suku primitif. Dan yang lebih seru saat kapal kami berguncang karena ada gua yang mengeluarkan api. Itu apinya beneran panas loh!

image

image

Buaya darat ala-ala

image

Kuda nil ala-ala

Setelah panas bermain outdoor, kami berencana mau nonton Festival of the Lion King yang katanya indoor. Pasti ber-AC dong. Kebetulan acara ini akan dimulai beberapa menit lagi dan acaranya diputar 4 kali dalam sehari. Saya pikir Festival of the Lion King ini benar-benar atraksi pakai singa hidup. Ternyata drama musikal yang terinspirasi dari film Lion King. Hahaha kecele deh gue.

image

Seusai nonton Lion King, saya iseng kembali ke pusat informasi untuk menanyakan tempat solat. Kebetulan ibu-ibu petugas yang bisa bahasa Indonesia itu masih ada. Rupanya di Disneyland ada tempat solat loh. Waahhh seneng banget! Tempat solat berada di area Mystic Point, berdekatan dengan Explorer’s Club Restaurant yang ternyata memiliki sertifikat Halal juga. Gggrrrr jadi menyesal tadi makan di Royal Banquet. Mana ada menu nasi goreng dan sate pula. Aahhh makin nggak rela. Hiks hiks.
Karena kami nggak bisa menemukan di mana tempat solat, akhirnya kami bertanya ke pegawai restoran. Kami pun dibawa ke tempat solat sesungguhnya. Yes, ini benar-benar tempat solat. Ada tempat wudhunya juga. Meski nggak disediakan sajadah dan mukena tapi saya cukup senang dapat tempat solat. Karena dari blog yang saya baca, Disneyland HK nggak menyediakan tempat solat.

image

Tempat solat Disneyland HK

Setelah solat, saya dan Yuli berencana mau main ke atraksi Mystic Manor, setipe kayak rumah hantu gitu. Tapi berhubung hampir jam setengah 6, atraksi itu sudah tutup. Yaaa, nggak jadi deh! Akhirnya kami memutuskan untuk mampir ke area Grizzly Gulch, mau main roller coaster-nya. Daaannn finally kami main yang menguji adrenalin meski Yuli sudah memohon-mohon untuk mundur. Tapi saya kasih pilihan, mau naik roller coaster atau naik wahana di arena Toy Story Land yang setipe kayak hysteria di Dufan. Akhirnya dia memilih roller coaster. Seru memang roller coaster-nya, mana ada adegan mundurnya pula.
Sayang banget nih, waktu sudah petang tapi belum semua permainan kami jajal. Toy Story dan Tomorrowland belum sempat kami datangi. Padahal dari pagi ya kami datang. Berhubung waktu sudah menunjukan pukul setengah 7 malam, kami segera kembali ke depan kastil Sleeping Beauty. Katanya mau ada parade kostum Halloween gitu. Sembari menunggu parade, kami duduk-duduk istirahat. Tepat jam 7, parade kostum pun dimulai.

image

image

Parade kostum Halloween berlangsung sebelum pesta kembang api dimulai. Berhubung kami telah dapat foto-foto parade kostum Halloween, saya dan Yuli menyempatkan berbelanja di toko-toko souvernir di area Main Street, USA. Meski sebenarnya souvernir-nya mahal-mahal. Hiks. Akhirnya saya hanya membeli 1 botol minum seharga HKD 68 walaupun saya mengincar gantungan kuncinya. Tapi harganya lebih mahal dari botol minum. Huhu garuk-garuk dompet deh.
Selesai shopping, kami bergerak ke tengah Main Street, USA, untuk menyaksikan pesta kembang api yang dimulai tepat pukul 8 malam. Meski sebenarnya saya was-was karena jam 6 sore tadi gerimis mulai turun meski nggak deras. Saya takut pesta kembang apinya dibatalkan. Nggak lucu banget gituuu udah seiya-iya nunggu sampai malam. Tapi untungnya pesta kembang api berjalan lancar.

image

image

Selesai pesta kembang api, kami bergegas pulang karena takut keretanya penuh. Untung saja saat kami tiba di stasiun MTR, keretanya sudah menunggu kami. Sampai di hari ketiga, menurut saya yang paling berkesan adalah saat di Disneyland. Meski saya menyesal nggak semua permainan kami datangi. Huhu. Tapi overall saya nggak nyesel datang ke Disneyland. 😚

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s