Singapore 2017: Fall for the twice

OPENING

Hai hai, saya kembali dengan cerita jalan-jalan kece nan cantik. Destinasinya tidak baru-baru amat sih karena saya pernah ke sana sebelumnya. Tapi setelah empat tahun berselang, pasti ada perasaan excited tersendiri. Yesss, yang pernah baca blog saya pasti tahu jika empat tahun lalu saya pernah ke Singapura. Wohooo, saya kembali S’pore!!!

Sebenarnya saya bukan tipe orang yang suka pergi ke tempat yang sama lebih dari sekali tapi rupanya ada tempat iconic di Singapura yang belum saya sambangi. Jadi, hal itulah yang membuat saya memutuskan untuk ke sana lagi.

Untuk travel buddy saya kali ini adalah Mbak Ria, teman sekantor saya. Berhubung saya udah pernah ke Singapura sebelumnya, tentu ada sedikit beban moril di pundak saya untuk menunjukan jika Singapura is good destination for the beginner traveler.

Berbekal tiket promo dari maskapai Airasia yang kami dapatkan di AATF, Kota Kasablanka Februari kemarin, kami memutuskan terbang di bulan April karena kalau Mei sudah mendekati puasa dan jika terbang sehabis lebaran, terlalu lama menunggu. Sooo, get ready to be lost again!

FIRST DAY

I’m back, Spore!!!

Saya terbang jam 13.50 di hari Kamis. Cuaca Jakarta memang sedang panas-panasnya namun saat di langit, pesawat pun tak jarang kena turbulensi. Pukul 16.30 waktu Singapura (jam Singapura lebih cepat satu jam daripada di Jakarta) kami mendarat dengan cantik meskipun langit Singapura mendung menggoda. Saya berharap tidak hujan saja pas nanti turun MRT. Secara dorong-dorong koper saat hujan itu kayaknya nggak banget. Huhu.

Untuk penginapan, saya memilih ABC Hostel lagi di daerah Bugis. Banyak pertimbangan sebenarnya untuk kembali memilih ABC Hostel. Pertama, letaknya di daerah Bugis, dekat stasiun MRT, dan hanya satu kali transit kalau dari bandara. Kedua, di Bugis banyak tempat makanan halal dan belanja juga. Ketiga, ternyata Bugis MRT sekarang sudah punya 2 platform, yang satu East West Line dan yang satu Downtown Line. Dan yang keempat, saya sudah tahu daerahnya. Hahaha. Bukan bermaksud promo loh.

Tapi yang membedakan dari empat tahun lalu, kali ini saya memilih kamar yang khusus untuk 2 orang dan bukan tipe kamar dormitory lagi. Meskipun kamar mandi masih sharing sama yang lain. Tapi lumayanlah bisa bebas mau ngapain aja di kamar.

Setelah istirahat, sholat, dan mandi, kami berencana mau menemui Mas Rully, yaitu suaminya Mbak Darling, sekalian mau cari makan malam. Btw, siapa sih mereka, Dik? Jadi, Mbak Darling itu adalah warga Indonesia yang tinggal di Singapura. Dia menjual tiket-tiket tempat hiburan dan atraksi di Singapura dengan harga yang lebih murah ketimbang beli di counter ticket langsung. Untuk tiket apa saja yang saya beli dan berapa harganya, tunggu ya, nanti saya bahas satu per satu.

Karena pesawat saya mendarat terlalu sore sehingga Mbak Darling tidak bisa menemui saya, akhirnya saya janjian ketemuan dengan Mas Rully, suaminya Mbak Darling, untuk ambil tiket yang dipesan. Kebetulan Mas Rully bekerja di daerah City Hall, hanya berjarak satu stasiun MRT dari Bugis. Nah, enaknya pesan tiket di Mbak Darling, tiket bisa langsung diantar dan dibayar pas ketemuan.

Sehabis ketemuan sama Mas Rully, saya dan Mbak Ria sudah nggak punya tenaga lagi buat jalan-jalan. Kami harus makan malam segera karena tadi kami tidak sempat makan siang. Akhirnya saya mengajak Mbak Ria makan di Qi Ji Restaurant di daerah Bugis. Qi Ji menjual nasi lemak dan tentunya halal. Sebelumnya, saya pernah makan di sini dan sangat recommended deh. Untuk harga, standar buat seukuran restoran Singapura. Dengan harga sekitar SGD 7, kami sudah mendapatkan seporsi nasi lemak dan segelas es teh. Yang penting nasi. Yang penting kenyang!

Setelah energi di-charge, kami mulai bersemangat untuk shopping di Bugis. Yap, di sini ada Bugis Street dan Bugis Junction untuk memulai per-shopping-an. Bugis Street menjual barang lebih murah dan bagus untuk cari oleh-oleh sedangkan Bugis Junction setipe dengan mall-mall. Lumayanlah, Mbak Ria sukses memborong beberapa oleh-oleh di sana.