Singapore 2017: Fine Day in Sentosa

​LAST DAY

Singapore Cable Car

Hari terakhir di Singapore kami masih ingin mengeksplor satu tempat, yakni Sentosa Island. Karena kebetulan jam terbang pesawat ke Jakarta adalah pukul 19.35, jadi kami masih punya banyak waktu untuk jalan-jalan.

Untung saja di hari terakhir, cuaca sangat bersahabat. Nggak ada lagi tuh hujan di pagi hari. Matahari udah bertengger aja di langit. Setelah check out dan titip koper, kami segera cusss ke Sentosa. Oh ya, satu lagi nih keunggulan ABC Hostel, kita bisa titip koper setelah check out. Jadi, nggak perlu susah payah bawa-bawa koper buat jalan-jalan.

Kami sengaja keluar hostel jam 8 pagi karena mengingat hari ini adalah hari Minggu dan ditambah long weekend, jadi saya takut antre masuk Sentosa. Kali ini saya mau mencoba hal baru saat ke Sentosa. Sebelumnya saya naik Sentosa Express Monorail dari Vivo City, berhubung Mbak Ria ada special request, yakni ingin naik Singapore Cable Car alias kereta gantung, akhirnya saya mengamini permintaan Mbak Ria. Untuk tiketnya, lagi-lagi saya beli di Mbak Darling seharga SGD 27 dari harga di loket SGD 33. Naahh, tiket ini yang paling berasa bedanya. Secara selisih sampai SGD 6. Bisa buat satu kali makan. Uhuuyyy. Tiket cable car ini sudah termasuk pulang pergi, jadi kalian nggak perlu takut nggak bisa pulang. Hahaha.

Dari hostel, kami naik MRT, lalu transit di Outram Park untuk menggapai stasiun terakhir, yakni Harbour Front. Dari stasiun MRT Harbour Front, kami tinggal mengikuti petunjuk yang terpampang jelas dan banyak mengenai penaikan Singapore Cable Car. Cable car sendiri sudah buka dari jam 8.45 pagi. Berhubung masih pagi, jadi nggak begitu antre dan enaknya lagi, satu cable car hanya berisi saya dan Mbak Ria. Wohooo bisa puas foto-foto tanpa malu-maluin di dalam.

Singapore Cable Car mempunyai 2 jalur, ada Mount Faber Line dan Sentosa Line. Perbedaannya, Mount Faber Line menghubungkan Faber Peak sampai Sentosa Island sedangkan Sentosa Line khusus menghubungi tempat-tempat atraksi dalam Sentosa Island. Kami naik dari Harbour Front Station yang berada dalam Mount Faber Line, lalu turun di Sentosa Station, tepatnya dekat patung Merlion yang besar. Kami tidak langsung naik cable car Sentosa Line. Berhubung masih pagi, kami memutuskan foto-foto dulu di patung Merlion raksasa.

Setelah puas foto-foto, rupanya Mbak Ria penasaran sama Sentosa Express Monorail. Saya pikir tiket cable car hanya berlaku khusus cable car saja. Ternyata kami bisa menikmati naik Sentosa Express. Iyeesss!

Tujuan utama adalah Waterfront Station, tempat dimana Universal Studio Singapore alias USS berada. Sebenarnya kami tidak ke USS tapi foto-foto di depan bola besar USS menjadi hal wajib jika ke Sentosa.

Dari Waterfront Station, kami kembali lagi ke Imbiah Station, tempat tadi kami naik setelah foto-foto depan patung Merlion raksasa. Dari situ, kami barulah naik cable car yang Sentosa Line. Tempat selanjutnya adalah Siloso Beach.

Siloso Beach

Sebenarnya nggak ada yang spesial dari Siloso Beach tapi lumayan untuk foto-foto depan pantai dan tulisan Siloso yang terpampang di pinggir pantai.

Sehabis puas wisata kilat di Sentosa Island, kita memutuskan untuk kembali pulang. Eh tapiiii, sebenarnya ada rekomendasi bagus buat kalian yang mau naik Singapore Cable Car. Jika kalian ingin kembali ke Harbour Front Station, kalian ikut aja naik ke Mount Faber, tapi jangan turun. Ikut muter aja, nanti turun lagi di Harbour Front. Katanya sih pemandangan di Mount Faber kece badai. Berhubung saya dan Mbak Ria mau lanjut shopping di Vivo City, ya akhirnya nggak ikut muter sampai ke Mount Faber.

Mampir sebentar ke Masjid Sultan, yuk!

Kelar belanja di Vivo City, kami segera kembali ke hostel buat ambil koper dan langsung cusss ke bandara. Tapi sebelumnya, saya mampir sholat di Masjid Sultan di dekat hostel dulu. Katanya Masjid Sultan ini masjid pertama yang dibangun di Singapura. Selain tempat beribadah, rupanya Masjid Sultan menjadi salah satu destinasi wisata menarik di Singapura. Buktinya saja, saat saya mau menunaikan sholat Dzuhur, ada rombongan turis bule yang mau masuk masjid. Saya tahu mereka ke situ sekadar wisata karena para pengurus masjid meminjami mereka sarung dan abaya kepada para turis. Secara tahu sendirilah turis-turis Amrik kalau datang ke negara tropis gimana pakaiannya. Lalu diantara mereka ada tour guide-nya yang menjelaskan tentang sejarah Masjid Sultan. Oh ya, kalian tidak perlu merasa terganggu karena tempat sholat wanita berada di lantai 2 sedangkan para turis hanya boleh menginjakan kaki di lantai 1 paling depan karena jika kalian melangkah masuk di lantai 1, tempat sholat pria berada di sana.

Changi, bandara yang nggak ngebosenin

Kami tiba di Changi pukul 4 sore sedangkan waktu check in baru jam 5 sore. Masih ada waktu 1 jam. Niatnya sih mau muter-muter Changi Airport, terus foto-foto di spot-spot kece di Changi. Meski pada kenyataannya udah capek bawa-bawa tas yang makin berat saat pulang, akhirnya kita cuma nongkrong-nongkrong di Starbucks.

Oh ya, buat kalian yang mengalami transit di Changi Airport, kalian tidak perlu takut karena banyak tempat kece di Changi buat foto-foto. Ada Cactus Garden di Terminal 1, Orchid Garden, Bamboo Garden, dan Sunflower Garden di Terminal 2, serta Butterfly Garden di Terminal 3. Belum lagi ditambah fasilitas free wifi, kursi pijat, arena bermain anak, sampai zona hiburan yang diisikan teater film hingga playstation. Jadi, nggak mati gaya deh kalau transit lama di Changi.

CLOSING

Oke, itulah petualangan saya selama 4D3N di Singapura. Jika ditanya apakah saya akan balik lagi ke Singapura, jawabannya tergantung. Pertama, jika saya balik lagi ke Singapura, saya akan maksimalkan waktu untuk wisata belanja. Kedua, jika saya diajak mengunjungi tempat-tempat wisata yang pernah saya kunjungi, mungkin saya akan memaksa untuk tetap wisata belanja. Hahaha.

See you on the next trip, my passport